Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Manajemen Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas Kabupaten Indramayu


Menurut laporan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat di tahun 2014 sebesar 73 per 100.000 kelahiran hidup, jika dibandingkan dengan AKI (Angka Kematian Ibu) tahun 2015 yang ditargetkan maka AKI di Provinsi Jawa Barat sudah berada di bawah target nasional tahun 2015 dan di Indramayu angka kematian ibu dari tahun 2013 sampai dengan 2017 mengalami peningkatan, dari 54 kasus di tahun 2014 meningkat menjadi 57 kasus dan di tahun 2016 angka kematian ibu menjadi 60 kasus sedangkan untuk ditahun 2017 mengalami penurunan menjadi 25 kasus, untuk menjawab pertanyaan bagaimana gambaran pelayanan KIA di Indramayu, maka dilakukanlah penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang dengan karakteristik berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua puskesmas di Kabupten Indramayu memahami tentang manajemen diantara nya Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan.
Kesimpulan secara umum di Dinas Kesehatan maupun puskesmas sudah melakukan perencanaan yang baik, pegorganisasian yang baik, pelaksanaan program KIA yang sesuai, dan Pengawasan yang ketat terhadap semua program KIA cakupan dan target.
Tinih Nurnaeni
Idham Latif - Personal Name
RN. Bayu Sela Priyatna - Personal Name
Tinih Nurnaeni - Personal Name
610.5 NUR g 2018
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...