Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan tentang diet rendah garam pada penderita hipertensi Di Puskesmas X


Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan angka kesakitan dan angka kematian meningkat di setiap negara. Hal ini disebabkan banyak penduduk dunia mengalami perubahan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengetahuan tentang diet rendah garam pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh penderita hipertensi sejumlah 78 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan total sampling dan menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian didapatkan dari 46 responden yang berusia dewasa akhir, sebanyak 21 responden (45,7%) berpengetahuan cukup. Dari 43 responden yang menderita hipertensi ≤ 3 tahun, sebanyak 19 responden (44,2%) berpengetahuan cukup. Dari 68 responden yang bekerja, sebanyak 33 responden (48,5%) berpengetahuan cukup. Dari 27 responden berpendidikan tidak sekolah, sebanyak 18 responden (66,7%) berpengetahuan kurang.
Saran dalam penelitian ini ditunjukan kepada perawat diharapkan dapat memberikan penyuluhan atau pendidikan kesehatan lebih lanjut mengenai diet rendah garam pada penderita hipertensi khususnya di wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang.
Yayat Wahyudin
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Yayat Wahyudin - Personal Name
610.5 WAH g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...