Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran kepatuhan perawat menggunakan handscoon saat melaksanakan tindakan pemasangan infus Di RSUD MA Sentot Patrol Indramayu


Berdasarkan hasil observasi terhadap 10 orang perawat yang sedang melakukan tindakan pemasangan infus di RSUD MA Sentot Patrol, ditemukan 4 orang perawat tidak memakai handschoen selama pemasangan infus sedangkan sisanya 6 orang perawat memakai handscoon. Dampak masih ditemukannya perawat yang tidak memakai handschoen selama pemasangan infus dikhawatirkan akan menimbulkan kejadian infeksi nosokomial yang dapat mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian ini adalah diketahuinya gambaran kepatuhan perawat menggunakan Handscoon saat melaksanakan tindakan pemasangan Infus di RSUD MA Sentot Patrol Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat yang melakukan tindakan pemasangan infus pada pasien selama kurun waktu tertentu dan sampel diambil dengan metode total Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 49 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner.
Hasil penelitian menujukkan bahwa 57,1% responden patuh sebelum menggunakan handscoon, 53,1% responden patuh dalam prosedur menggunakan handscoon dan 65,3% patuh sesudah menggunakan handscoon saat melaksanakan tindakan pemasangan infus.
Simpulan penelitian ini 53,1% responden patuh menggunakan handscoon saat melaksanakan tindakan pemasangan infus sedangkan sisanya 46,9% tidak patuh menggunakan handscoon. Saran penelitian ini, bagi perawat yang sudah patuh hendaknya mempertahankan kepatuhannya mengingat pemasangan handscoon sangat berguna tidak hanya untuk melindungi diri dari berbagai macam kuman penyakit juga bentuk profesionalisme tenaga perawat dalam melaksanakan SOP yang sudah ada, sedangkan untuk perawat yang tidak patuh dapat belajar dari temannya, karena dampak ketidak patuhan dapat merugikan yang bersangkutan karena berisiko tertular penyakit lain.

Herry Susanto
Wayunah - Personal Name
Titin Hidayatin - Personal Name
Herry Susanto - Personal Name
610.5 SUS g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...