Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran dukungan keluarga mengenai kepatuhan minum obat pada pasien HIV/AIDS Di RS Bhayangkara Indramayu Tahun 2018


ABSTRAK
HIV/AIDS merupakan masalah kesehatan yang dapat mengancam kehidupan manusia. Hingga kini belum ditemukan obat yang dapat menghilangkan penyakit ini dan pasien menjalani pengobatan seumur hidup. Untuk itu diperlukan dukungan keluarga dalam pengobatan pasien HIV/AIDS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga mengenai kepatuhan minum obat pada pasien HIV/AIDS di Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu.
Metode penelitian yang digunakan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini pasien yang ada di Ruang Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) dengan sampel berjumlah 163 responden dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Variabel penelitian ini yaitu dukungan keluarga mengenai kepatuhan minum obat pada pasien HIV/AIDS. Analisa data menggunakan cut of point.
Hasil penelitian menunjukan sebanyak 58,3% keluarga mendukung. Untuk subvariabel dukungan informasi di peroleh sebanyak 57,1% keluarga tidak mendukung, sebanyak 55,2% keluarga mendukung secara materi, sebanyak 98,2% keluarga mendukung secara emosioanal dan sebanyak 78,5% keluarga mendukung secara penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikatakan keluarga pasien mendukung, dikarenakan pasien terbuka terhadap keluarganya.
Kesimpulan lebih dari setengahnya keluarga mendukung klien dalam menjalani kepatuhan pengobatan penyakit HIV/AIDS. Saran peneliti kepada keluarga untuk terus mendukung pasien HIV/AIDS dalam pengobatannya.

A.Fiki Winandi
Bambang Eryanto - Personal Name
Asmadi - Personal Name
A.Fiki Winandi - Personal Name
610.5 WIN g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...