Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran konsep diri pada lansia berdasarkan karakteristik Di Desa Jatisawit Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu


Perubahan atau kemunduran yang dialami lansia dapat mengakibatkan tidak stabilnya konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Konsep Diri Pada Lansia Berdasarkan Karakteritik di Desa Jatisawit Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu.
Jenis penelitian adalah deskiptif, Populasinya adalah satu lansia dalam satu rumah. Laki-laki sebanyak 29 orang, perempuan sebanyak 87 orang. Sampel penelitian berjumlah 116 responden yang diambil dengan teknik rendom sampling. Variabel penelitian ini adalah konsep diri dengan subvaribel Identitas diri, Citra Tubuh, Penampilan Peran, Ideal diri, dan Harga diri. Instumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan cut of point.
Hasil penelitian secara umum sebanyak 51,7% lansia memiliki konsep diri yang rendah. Adapun secara rinci berdasarkan karakteristik didapatkan sebanyak 50,7% lansia berusia lanjut usia tua memiliki konsep diri tinggi, sebanyak 51,7% lansia berjenis kelamin laki-laki memiliki konsep diri tinggi, sebanyak 56,3% lansia bersatus perkawinan tidak menikah memiliki konsep diri rendah, sebanyak 55,3% lansia yang tidak sekolah memiliki konsep diri tinggi.
Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa konsep diri pada lansia berdasarkan karakteristik di Desa Jatisawit Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, tergolong rendah dari jumlah keseluruhan lansia yang ada di desa tersebut.
Saran untuk petugas kesehatan meningkatkan konsep diri pada lansia memberikan edukasi dan promosi pandangan terhadap dirinya.

Ipah Toipah
Kamsari - Personal Name
Asmadi - Personal Name
Ipah Toipah - Personal Name
610.5 TOI g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...