Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran tempet tantrum pada anak usia pra sekolah Di BKB PAUD Harapan Bunda IV Desa karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu


Tempertantrum merupakan ledakan amarah yang sering terjadi pada anak usia prasekolah yang diungkapkan dengan mengamuk, menangis, berteriak, menjerit-jerit, dan gerakan tubuh yang kasar. Hal ini disebabkan karena keinginan anak tidak dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tempertantrum pada anak usia prasekolah di BKB PAUD Harapan Bunda IV di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Tahun 2018.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua yang memiliki anak usia prasekolah di BKB PAUD Harapan Bunda IV. Sampel yang diteliti berjumlah 67 responden, menggunakan teknik total populasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner tentang tempertantrum pada anak.
Hasil dari penelitian ini didapatkan tempertantrum pada anak usia prasekolah di BKB PAUD Harapan Bunda IV, sebanyak 52,9 % tempertantrum sedangkan 45,6 % tidak tempertantrum. Berdasarkan usia diketahui dari 37 responden yang berusia < 5,42 sebanyak 21(56,8%) responden yang mengalami tempertantrum.
Kesimpulan dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa sebagian besar anak di BKB PAUD Harapan Bunda IV mengalami tempertantrum. Saran untuk orangtua hendaknya dapat mendukung, membimbing dan mendidik anak dengan tepat sehingga perkembangan emosional pada anak tidak terganggu, orangtua harus memahami dan mencari informasi tentang perkembangan emosi anak lebih dalam.
Santi
Wayunah - Personal Name
Kitri Hikmawati - Personal Name
Santi - Personal Name
610.5 SAN g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...