Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan diet pada penderita hipertensi Di Klinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu


Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang mengalami peningkatan diatas normal lebih dari 140/90 mmHg. Hipertensi tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan dengan menjalankan diet. Kepatuhan diet adalah perilaku individu yang berhubungan dengan minum obat, mengikuti diet dan merubah gaya hidup sesuai dengan petunjuk medis seperti membatasi asupan garam, kalsium, konsumsi buah dan sayur. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang berhubungan dengan kepatuhan diet.
Metode penelitian ini menggunakkn survey analitik. Sampel sebanyak 40 responden. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisis data dengan univariat dan bivariat.
Hasil penelitian diketahui faktor umur (p-value = 0,751), jenis kelamin (p-value = 0,273), tingkat pendidikan pendidikan (p-value = 0,564), status pekerjaan (p-value = 0,752), lama menderita hipertensi (p-value = 0,343), tingkat pengetahuan (p-value = 0,832), dan dukungan keluarga (p-value = 1,000) tidak berhubungan dengan kepatuhan diet hipertensi (p-value > 0,05). Saran penelitian ditunjukkan untuk pelayanan kesehatan diharapkan dapat memberikan promosi kesehatan dalam meningkatkan kepatuhan diet hipertensi.

Asih Sucinih
Wayunah - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Asih Sucinih - Personal Name
610.5 SUC f 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...