Detail Cantuman Kembali

XML

Pengetahuan orang tua tentang difteri pada anak usia sekolah Di Desa X


Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheria yang menyerang saluran nafas bagian atas umumnya menyerang anak usia sekolah. Kejadian difteri yang terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua mengenai penyakit difteri. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran pengetahuan orang tua tentang difteri pada anak usia sekolah di Desa X.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian yaitu ibu yang memiliki anak usia sekolah sebanyak 114 responden dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 pernyataan. Analisis data menggunakan anaisis univariat.
Hasil penelitian (93%) responden berpengetahuan baik tentang penyakit difteri. Pengetahuan responden baik tentang pengertian penyakit difteri (68,4%), penyebab penyakit difteri (57%), tanda dan gejala penyakit difteri (55,3%), komplikasi penyakit difteri (58,8%), dan pencegahan penyakit difteri (68,4%).
Simpulan penelitian ini adalah pengetahuan orang tua tentang difteri adalah baik. Disarankan bagi profesi keperawatan lebih meningkatkan promosi kesehatan agar menumbuhkan kesadaran orang tua.

Nur Fitriana
Titin Hidayatin - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Nur Fitriana - Personal Name
610.5 FIT p 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...