Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran tingkat nyeri ekstremitas pada lansia penderita arthritis rheumatoid saat melakukan gerak sendi aktif Di Wilayah Kerja Salah Satu Puskesmas Indramayu


Arthritis rheumatoid atau yang disebut rematik merupakan penyakit yang menyerang anggota tubuh yang bergerak dan dapat menyebabkan peradangan persendian gangguan kronis, terutama menyerang fleksibel sinovial pada sendi. Penyebab dari arthritis rheumatoid tidak diketahui secara pasti. Nyeri merupakan kondisi berupa perasaan tidak nyaman yang bersifat subjektif sehingga perasan nyeri akan berbeda – beda pada setiap orang dalam hal skala atau tingkatannya. penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya gambaran tingkat nyeri pada lansia penderita arthritis rheumatoid saat melakukan gerak sendi aktif diwilayah kerja Puskesmas Lohbener.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi penderita arthritis rheumatoid yang berjumlah 64 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner berupa pernyataan. Analisis data menggunakan analisis univariat
Hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 46 lansia (71,9%) mengalami nyeri sedang pada penderita arthritis rheumatoid, sedangkan tingkat nyeri ekstremitas atas mengalami nyeri sedang sejumlah 33 lansia (51,6%) dan tingkat nyeri ekstremitas bawah mengalami nyeri sedang sejumlah 37 lansia (57,8%).
Simpulan dari penelitian ini gambaran tingkat nyeri ekstremitas pada lansia penderita arthritis rheumatoid dalam kategorik nyeri sedang. Saran untuk pelayanan kesehatan diharapkan dapat memberikan informasi serta pendidikan kesehatan untuk penderita arthritis rheumatoid agar dapat meningkatkan atau mempercepat proses penyembuhan serta meningkatkan status kesehatan pada lansia dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit lebih lanjut.

Halimatus Sadiyah
Winani - Personal Name
Halimatus Sadiyah - Personal Name
Alvian Pristy Windiramadhan - Personal Name
610.5 SAD g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...