Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan self awareness dengan kepatuhan minum obat antiretroviral (ARV) pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA) Di RS Bhayangkara Indramayu


Antiretroviral adalah obat yang berfungsi untuk menekan perkembangbiakan HIV.ARV harus diminum secara terus menerus dan membutuhkan kepatuhan.Kepatuhan pada terapi adalah suatu keadaan dimana pasien mematuhi pengobatan.Self awareness yaitu perilaku seseorang dalam memahami emosi, perasaan yang dirasakan, kritis terhadap informasi mengenai dirinya sendiri dan sadar dengan dirinya sendiri yang nyata.Tujuan dalam penelitian ini mengetahui hubungan self awareness dengan kepatuhan minum obat Antiretroviral ARV pada ODHA di RS Bhayangkara Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metodecross sectional. Populasi sebanyak 63 pasien dan sampel sebanyak 54 responden, teknik pengambilan datamenggunakan Consecutive sampling.Analisis data menggunakan teknik analisis chi-square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa P value 0,467 dengan ɑ (0,05) sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara self awareness dengan kepatuhan minum obat ARV pada ODHA di RS Bhayangkara Indramayu.
Saran ditunjukan kepada tenaga kesehatan untuk meningkatkan promkes tentang minum obat ARV agar kepatuhan meningkat dan menurunkan angka kematian HIV/AIDS dan saran ditujukan kepada ODHA agar meningkatkan kepatuhan minum obat ARV.

Mar'atus Sholihah
Muhammad Saefulloh - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Mar'atus Sholihah - Personal Name
610.5 SHO h 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...