Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pemenuhankebutuhan spiritualpada lansia Di Desa Tenajar Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu Tahun 2018


Semua orang akan mengalami proses menjadi tua dan masa tua merupakan masa hidup manusia yang terakhir, Dimasa ini seseorang mengalami kemunduran fisik, mental dan sosial secara bertahap. Masalah yang sering terjadi pada pemenuhan kebutuhan spiritual adalah distres spiritual, yang merupakan suatu keadaan ketika individu mengalami gangguan dalam kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemenuhan kebutuhan spiritual pada lansia di Desa Tenajar Kecamatan Kertasmaya Kabupaten Indramayu.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah lansia yang berjumlah 246 responden . Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah gambaran pemenuhan kebutuhan spiritual pada lansia dengan sub variabel aktivitas keagamaan dan upaya untuk meningkatkan keyakinan. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan cut of point. Penyajian dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukan sebanyak 132 (53,7%) pemenuhan kebutuhan spiritual pada lansia dkatakan rajin. Adapun hasil tiap sub variabel diperoleh sebanyak 131 responden (53,3%) aktivitas keagamaan tidak rajin, dan untuk upaya meningkatkan spiritual sebanyak 144 responden (58,5%) rajin.
Kesimpulan penelitian menunjukan pemenuhan kebutuhan spiritual pada lansia di Desa Tenajar Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu, Rajin dari jumlah lansia yang ada di Desa Tenajar tersebut. Disarankan bagi pelayanan kesehatan dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan memberikan informasi bagi lansia bahwa bukan hanya fisik yang perlu diperhatikan tetapi pemenuhan kebutuhan spiritual juga perlu diperhatikan

Putri Rizki Paradila
Kamsari - Personal Name
Asmadi - Personal Name
Putri Rizki Paradila - Personal Name
610.5 PAR g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...