Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran persepsi ibu nifas terhadap pemberian ASI Eksklusif di Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu 2018


Menyusui adalah suatu proses alamiah. Berjuta-juta ibu di seluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang ASI bahkan ibu yang buta huruf pun dapat menyusui anaknya dengan baik.Persepsi adalah memberikan makna pada stimuli indrawi.Beberapa nilai-nilai (persepsi) yang mempengaruhi kegagalan pemberian ASI Eksklusif yaitu: menyusui itu mudah, menyusui mengubah bentuk payudara, menyusui menyebabkan kesukaran menurunkan berat badan, ASI belum keluar dihari-hari pertama sehingga perlu ditambah susu formula. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran persepsi ibu nifas terhadap pemberian ASI Eksklusif di Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan populasinya ibu nifas di Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu.Sampel yang digunakan adalah sebanyak 38 pasien.Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisa yang digunakan Univariat.
Hasil penelitian menunjukan sebanyak 55.3% persepsi ibu nifas terhadap pemberian asi eksklusif baik, persepsi dari aspek kognitif sebanyak 57.9% baik. Persepsi dari aspek afektif 50.0% baik.Dan persepsi dari aspek konatif sebanyak 52.6% dalam kategori baik.
Saran untuk Rumah Sakit Bhayangkara agar secara berkesinambungan memberikan pendidikan kesehatan tentang pentingnya pemberian ASI Eksklusif pada pasien Ibu nifas di Rumah Sakit Bhayangkara, salah satunya dengan memberikan informasi menggunakan media booklet ataupun media cetak lainnya yang bisa dibawa pulang sehingga ibu nifas dapat membaca informasinya kembali di rumah dan Hasil penelitian ini dapat dijadikan data awal ataupun referensi untuk penelitian lebih lanjut terkait dengan persepsi ibu nifas terhadap pemberian ASI Eklsklusif.
Fifi Fitriani
Muhammad Saefulloh - Personal Name
Kitri Hikmawati - Personal Name
Fifi Fitriani - Personal Name
610.5 FIT g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...