Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di ruang rawat jalan RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Kepuasan pada pasen bergantung pada kualitas pelayanan, terdapat lima dimensi tingkat kepuasan yaitu, kenyataan, kepercayaan, tanggung jawab, jaminan, dan empati. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap dimensi pelayanan keperawatan di ruang rawat jalan RSUD Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode deskrptif, populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang menjalani rawat jalan di RSUD Kabupaten Indramayu. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat yang ditampilakan dalam tabel distribusi frekuensi.
Hasil dalam penelitian ini didapatkan 53 (55,8%) responden mengatakan puas terhadap pelayanan di ruang rawat jalan RSUD Kabupaten Indramayu. 77 (81,1%) responden mengatakan puas terhadap kepuasan berdasarkan dimensi kenyataan, 83 (87,4%) responden mengatakan puas berdasarkan dimensi kepercayaan, 73 (76,8%) responden mengatakan puas berdasarkan dimensi tanggung jawab, 62 (65,3%) reponden mengatakan puas terhadap kepuasan berdasarkan dimensi jaminan, dan 64 (67,4%) mengatakan puas berdasarkan dimensi empati.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 55,8% mengatakan puas terhadap pelayanan di ruang rawat jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Saran bagi institusi rumah sakit diharapkan dapat mempertahankan maupun meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan keperawatan sehingga bisa menjadi lebih baik lagi.
Zulfan Arif
Bambang Eryanto - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Zulfan Arif - Personal Name
610.5 ARI g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...