Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan kepatuhan pembatasan cairan dengan Interdialisis Weight Gain (IDWG) pada pasien Gagal Ginjal Kronik di Ruang Hemodialisa RSUD Kabupaten Indramayu


ABSTRAK
Pasien gagal ginjal kronis akan selalu mengalami kenaikan berat badan diantara waktu dialisis (IDWG). Hal tersebut terjadi karena gagal ginjal kronis tidak bisa mengekskresikan kelebihan cairan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan pembatasan cairan dengan IDWG pada pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisa di RSUD Kabupaten Indramayu.Penelitian ini menggunakan metode deskriftif analitik, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan counsecutive Samplingyaitu sebanyak 92 responden.Teknik analisa data menggunakan chi-square.
Hasil penelitian kepatuhan pembatasan cairan diketahui dalam kategori tidak patuh sebanyak 56 (60.9%) responden.Derajat IDWG yang dialami responden sebanyak 22 (20.7%) termasuk dalam kategori sedang (4-6%). Hasil analisa lanjut nilai p-value 0.795 (α =0,05) artinya, tidak ada hubungan antara kepatuhan pembatasan cairan dengan interdialisis weight gain (IDWG).

Virjiawan Dwi Listianto
Wayunah - Personal Name
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Virjiawan Dwi Listianto - Personal Name
050 LIS h
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
LOADING LIST...
LOADING LIST...