Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran komunikasi terapeutik perawat pada pasien yang akan dilakukan pembedahan di ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu 2017


Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi yang direncanakan dan dilakukan untuk membantu psikologis pasien yang akan dilakukan pembedahan dan pemulihan pasca pembedahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran komunikasi terapeutik perawat pada pasien yang akan dilakukan pembedahan di Ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu 2017.
Penelitian ini menggunakan metode deskritif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang akan dilakukan pembedahan di Ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu. Jumlah sampel 53 pasien. Variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi terapeutik perawat dengan sub variabel fase orientasi, fase kerja dan fase terminasi.
Hasil penelitian diketahui bahwa Komunikasi terapeutik perawat fase orientasi sebanyak 27 (50,9%) dengan kategori baik. Komunikasi terapeutik perawat fase kerja sebanyak 30 (56,6%) dengan kategori baik. Komunikasi terapeutik perawat fase terminasi sebanyak 28 (52,8%) dengan kategori baik. Komunikasi terapeutik perawat sebanyak 21 (39,6%) dengan kategori cukup.
Dengan didapatkan hasil penelitian diharapkan perawat untuk lebih meningkatkan komunikasi terapeutik sehingga pasien merasa lebih nyaman dalam menghadapi pembedahan yang akan dilakukan.

Suherman
Bachtiar Efendi - Personal Name
Riyanto - Personal Name
Suherman - Personal Name
610.5 SUH g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...