Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran dampak perceraian orang tua pada remaja di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Perceraian adalah suatu peristiwa perpisahan secara resmi antara pasangan suami dan istri, yang berkomitmen untuk tidak menjalankan tugas dan kewajiban masing-masing. Perceraian yang terjadi pada orang tua menimbulkan dampak bagi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dampak perceraian orang tua pada remaja di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu tahun 2017.
Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah remaja dengan orang tua bercerai di wilayah Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu yaitu sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisa data menggunakan univariat.
Hasil penelitian diperoleh sebanyak 29 (58.0%) remaja di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu memiliki dampak perceraian orang tua yang positif. Sebanyak 27 (61.6%) remaja di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu berumur remaja awal memiliki dampak perceraian orang tua yang positif. Sebanyak 17 (58.6%) remaja di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu berjenis kelamin perempuan memiliki dampak perceraian orang tua yang positif. Sebanyak 22 (53.7%) remaja di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu berdasarkan pekerjaan adalah pelajar memiliki dampak perceraian orang tua yang positif. Sebanyak 20 (80.0%) remaja berpendidikan SMP dan memiliki dampak perceraian orang tua yang positif.
Hasil penelitian sebanyak 29 (58%) remaja di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu memiliki dampak perceraian orang tua yang positif. Diharapkan pelayanan kesehatan di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu juga memperhatikan masalah psikologis remaja dengan mengadakan layanan konseling pada remaja.

Saringkem
Bambang Eryanto - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Saringkem - Personal Name
050 SAR g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
Xll + 46 Halaman + 8 Tabel +15 Lampiran
LOADING LIST...
LOADING LIST...