Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan antara Self Efficacy dengan motivasi dalam mengontrol gula darah di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu


Penatalaksanaan bagi pasien diabetes mellitus yaitu dengan mengontrol gula darah dalam rentang normal dengan cara diet, latihan fisik, obat-obatan penurun glukosa, pendidikan kesehatan dan monitoring glukosa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan motivasi dalam mengontrol gula darah di Poliklinik penyakit dalam RSUD Kabupaten Indramayu.
Metode penelitian ini adalah menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Dengan sampel 62 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan alat pengumpulan data dengan kuesioner.
Hasil penelitian didapatkan self efficacy dalam mengontrol gula darah pada pasien diabetes mellitus di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu dalam kategori tinggi sebanyak 21 (65,6%). Motivasi dalam mengontrol gula darah di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu dengan kategori tinggi sebesar (53,3%). Hasil analisa lanjut diperoleh p-value 0,212 dengan (p-value > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan antara self efficacy dengan motivasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah self efficacy tidak berhubungan dengan motivasi dalam mengontrol gula darah pada pasien diabetes mellitus. Saran penelitian ini ditujukan kepada perawat agar terus memberikan edukasi atau dan terus memberikan masukan yang baik, sehingga pasien diabetes mellitus terus termotivasi untuk mengontrol gula darah.

Amalia Ulvi Mayiza
Wayunah - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Amalia Ulvi Mayiza - Personal Name
050 MAY h
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...