Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Kualitas pelayanan keperawatan adalah pelayanan keperawatan yang dilakukan perawat sesuai dengan standar profesi yang ditetapkan berdasarkan indikator pelayanan keperawatan yang menunjukkan tingkat kemampuan pelayanan keperawatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien / keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan keluarga pasien dengan kualitas pelayanan perawatan di ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan sampel seluruh anggota keluarga yang dirawat di ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu dalam kurun waktu penelitian ditentukan dengan rumus besar sampel sebanyak 78 responden, pengumpulan data untuk variabel independent dan dependent menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan keluarga pasien di Ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu sebagian besar sebanyak 74 orang ( 94.9 %) termasuk kriteria Puas. Kualitas pelayanan keperawatan di Ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu sebagian besar sebanyak 69 orang (88.5 %) termasuk kriteria berkualitas baik. Berdasarkan uji statistik chi square diperoleh p value 0.001 < α (0.05)
Simpulan penelitian ini terdapat hubungan antara tingkat kepuasan keluarga pasien dengan kualitas pelayanan keperawatan di Ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017. Saran : Kualitas pelayanan keperawatan agar lebih ditingkatkan lagi karena sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan keluarga.

Nuryati
Hj. Winani - Personal Name
Neneng Ratnanengsih Puspitasari - Personal Name
Nuryati - Personal Name
050 NUR h
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...