Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kelelahan Kerja pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Permata Medical Center Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Kelelahan adalah suatu mekanisme perlindungan tubuh agar tubuh terhindar dari kerusakan lebih lanjut sehingga terjadi pemulihan setelah istirahat. Kelelahan kerja menyebabkan terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, di RSU PMC pada tahun 2016 pernah terjadi kejadian yang tidak diinginkan yang menimpa perawat yaitu terkena tusukan jarum pada saat menyuntik pasien di ruang rawat inap, kejadian tersebut terjadi pada saat perawat di sift malam dan mengantuk sehingga timbul rasa lelah. Hal tersebut mungkin terjadi karena adanya kelelahan ditempat kerja yang dialami oleh perawat. Tujuan penelitin ini ialah mengetahui Faktor-faktor Penyebab terjadinya Kelelahan Kerja pada Perawat di Rumah Sakit Umum Permata Medical Center (RSU PMC) Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Adapun responden dalam penelitian ini adalah seluruh perawat di RSU PMC Kabupaten Indramayu. Uji yang digunakan pada penenlitian ini adalah chisquare.
Hasil dan simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara kelelahan fisiologis dan kelelahan psikologis, circadian rhytmh, beban kerja fisik, kondisi kesehatan dan status gizi terhadap terjadinya kelelahan kerja. Diharapkan rumah sakit dapat mengadakan program bagi karyawan agar kelelahan kerja tidak dapat terjadi.
Wiwin Wiyanti
Rudiansyah - Personal Name
Depi Yulyanti - Personal Name
Wiwin Wiyanti - Personal Name
050 WIW h
050
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...