Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Praktik tentang Standard Operational Procedure dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Bagian Twisting Di PT. X Cirebon Tahun 2017


Setiap tahun ribuan kecelakaan terjadi ditempat kerja yang menimbulkan korban jiwa, kerusakan materi, dan gangguan produksi. Menurut International Labour Organization (ILO) memperkirakan bahwa sekitar 2,3 juta orang diseluruh dunia meninggal akibat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja setiap tahun, Kecelakaan kerja di bidang industri juga dialami di PT X Cirebon. Jumlah kecelakaan kerja di PT X Cirebon tahun 2016 terjadi sebanyak 30 kasus kecelakaan kerja baik di luar perusahaan maupun di dalam perusahaan. Menurut beberapa penelitian kecelakaan kerja berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan praktik tentang SOP. Untuk menekan kecelakaan kerja maka perlu dilakukan penelitian di PT X Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan metode survei, dengan pendekatan cross sectional.
Teknik pengambilan sampel menggunakan total populasi berjumlah 45 pekerja pada bagian Twisting di PT X Cirebon. Uji hubungan antara variabel bebas (pengetahuan, sikap dan praktik pekerja tentang SOP) dengan variabel terikat (kecelakaan kerja) dilakukan dengan Uji Chi-Square.Hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap pekerja tentang SOP dengan kejadian kecelakaan kerja dan ada hubungan yang bermakna antara praktik pekerja tentang SOP dengan kejadian kecelakaan kerja, Hasil penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Kartika (2017), bahwa terdapat hubungan antara kepatuhan instruksi kerja dengan perilaku aman pekerja bagian produksi di PT X Klaten.Dan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik pekerja tentang SOP berkaitan dengan terjadinya kecelakaan kerja di PT X Cirebon. Untuk itu disarankan agar perusahaan agar perusahaan memberikan sanksi tegas kepada pekerja yang tidak menaati peraturan yang berkaitan dengan K3.
Terie Adi Pertiwi
Idham Latif - Personal Name
RN. Bayu Sela Priyatna - Personal Name
Terie Adi Pertiwi - Personal Name
050 PER h
050
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...