Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Unsafe Actions dengan Kejaian Kecelakaan Kerja Bagian Packing Di PT. Chang Jui Fang Indonesia Kabupaten Indramayu Tahun 2017


PT Chang Jui Fang Indonesia merupakan perusahaan besar yang termasuk perusahaan yang bergerak dalam produksi keramik lantai dan keramik dinding. Kecelakaan kerja di PT Chang Jui Fang Indonesia Tahun 2014-2016 tercatat sebanyak 44 kasus baik luar maupun dalam pabrik, tertinggi yaitu di bagian packing. Salah satu penyebabnya adalah faktor perilaku pekerja yang tidak aman saat bekerja, maka dilakukan penelitian pada unsafe actions dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh unsafe actions terhadap kecelakaan kerja bagian packing PT Chang Jui Fang Indonesia Tahun 2017.
Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total populasi berjumlah 189 pekerja bagian packing PT.Chang Jui Fang Indonesia. Uji pengaruh antara variabel bebas (APD tidak sesuai, posisi tidak aman dan mengangkat tidak aman) dengan variabel terikat (kecelakaan kerja) dilakukan dengan Uji Chi-Square.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang bermakna antara posisi tidak aman terhadap kecelakaan kerja bagian packing di PT Chang Jui Fang Indonesia dan tidak ada pengaruh yang bermakna antara memakai APD tidak sesuai dan mengangkat tidak aman terhadap kecelakaan kerja bagian packing di PT Chang Jui Fang Indonesia.
Simpulan dalam penelitian ini variabel yang berpengaruh yaitu posisi tidak aman, dan faktor yang tidak berpengaruh yaitu memakai APD tidak sesuai dan mengangkat tidak aman. Dalam mengurangi kejadian kecelakaan kerja diharapkan perlu adanya pelatihan tentang K3 dan pemasangan rambu-rambu K3 di bagian packing dan bagian lainnya di PT Chang Jui Fang Indonesia.
Ika Rahayu
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Depi Yulyanti - Personal Name
Ika Rahayu - Personal Name
050 IKA p
050
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...