Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Tingkat Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Aktivitas Sehari-hari Di Desa Balongan Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Perubahan fisik lansia akan mempengaruhi tingkat kemandirian lansia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kemandirian bagi orang lansia dapat dilihat dari kualitas kesehatannya, sehingga dapat melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari secara mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran tingkat kemandirian lansia dalam pemenuhan aktivitas sehari-hari.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling yaitu sebanyak 74 responden. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat.
Hasil dari penelitian ini didapatkan tingkat kemandirian lansia dalam pemenuhan aktivitas sehari-hari adalah tidak ada lansia yang mengalami ketergantungan penuh atau total, 17 lansia (23,0%) yang mengalami ketergantungan berat, 18 lansia (24,3%) yang mengalami ketergantungan sedang, 11 lansia (14,9%) yang mengalami ketergantungan ringan dan 28 lansia (37,8%) yang dapat mandiri.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemandirian lansia dalam pemenuhan aktivitas sehari-hari adalah kemandirian lansia secara mandiri sebanyak 28 lansia (37,8%). Saran diharapkan peran perawat dan keluarga mampu membantu dan memandirikan lansia dengan baik sehingga lansia dapat memenuhi kebutuhan aktivitasnya secara mandiri.
Riska Nawati
Bambang Eryanto - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Riska Nawati - Personal Name
050 RIS g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...