Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Persepsi Keluarga Pasien Dalam Pemenuhan Personal Hygiene pada Pasien Pascaoperatif Di Ruang Manalagi RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa kebutuhan pemenuhan personal hygiene pasien pascaoperatif tidak terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi keluarga pasien dalam pemenuhan personal hygiene pada pasien pascaoperatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif, pengambilan sampel menggunakan accidental Sampling yaitu sebanyak 132 responden. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dengan penyajian data menggunakan frekuensi. Hasil penelitian persepsi keluarga pasien dalam pemenuhan personal hygiene pada pasien pascaoperatif di ruang Manalagi RSUD Kabupaten Indramayu sebanyak 56.8% responden memiliki persepsi buruk. Pemenuhan kebutuhan mandi sebanyak 53.8% responden memiliki persepsi baik, perawatan gigi & mulut sebanyak 50.8% responden memiliki persepsi baik, perawatan rambut sebanyak 57.6% responden memiliki persepsi buruk, perawatan genitalia sebanyak 75.8% responden memiliki persepsi buruk, kemudian perawatan kuku sebanyak 62.9% responden memiliki persepsi buruk.
Saran penelitian ini diharapkan lebih meningkatkan kualitas pelayanan dalam pemenuhan personal hygiene dan sebagai perawat dalam melakukan tindakan lebih komunikatif baik pada pasien maupun keluarga pasien.
Rina Marlina
H. Bachtiar Efendi - Personal Name
Hj. Winani - Personal Name
Rina Marlina - Personal Name
050 RIN g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...