Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Siswa tentang Hidup Bersih dan Sehat di SDN Sidamulya 4 Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.
Pengetahuan adalah hasil mengingat suatu hal untuk memahami suatu objek tertentu berdasarkan pendapatan dan penglihatan orang yang mengalami dan mengetahuinya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat di SDN Sidamulya 4 Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu tahun 2017.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif, populasi dan sampel dalam penelitian ini kelas IV-VI berjumlah 36 siswa sesuai dengan kriteria inklusi yang diambil dengan teknik Total Sampling. Adapun alat ukur untuk mengukur pengetahuan ini melakukan tes pernyataan perilaku hidup bersih dan sehat dengan 8 indikator.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui siswa memiliki tingkat pengetahuan siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat sebanyak 20 (55,6%) siswa dengan kategori baik. Peneliti menyarankan kepada institusi pendidikan untuk memberikan 2 edukasi pada siswa secara terstruktur mengenai perilaku hidup bersih dan sehat sekolah agar meningkatkan pengetahuan siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat yang lebih optimal.
Nurindah Fitasari
Riyanto - Personal Name
Titin Hidayatin - Personal Name
Nurindah Fitasari - Personal Name
050 NUR g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...