Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Orang Tua tentang Toilet Traning pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK YAPIIM Dukuh Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Anak usia prasekolah adalah anak yang berusia antara antara 4-5. Pendapat Freud menyatakan bahwa toilet training sudah dapat diberikan pada saat anak umur 2 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan orangtua tentang toilet training pada anak usia prasekolah di TK YAPIIM Dukuh Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu tahun 2017.
Jenis penelitian adalah deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah orangtua TK YAPIIM Dukuh yaitu sebanyak 56 orang dan sampel menggunakan total sampling sebanyak 49 responden sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan respoden tentang toilet training semuanya baik (100%). Pengetahuan responden tentang persiapan toilet training sebanyak 30 responden (61,2%) baik. Pengetahuan responden tentang tahapan toilet training sebanyak 36 responden (73,5%) baik. Pengetahuan responden tentang metode dan teknik toilet training sebanyak 46 responden (93,9%) baik. Pengetahuan responden tentang dampak toilet training sebanyak 46 responden (93,9%).
Simpulan dari hasil penelitian gambaran pengetahuan orangtua tentang toilet training baik. Saran kepada peneliti selanjutnya adalah melakukan penelitian disertai intervensi yang berupa penyuluhan.
Indah Yulianti Hamidah
Riyanto - Personal Name
Titin Hidayatin - Personal Name
Indah Yulianti Hamidah - Personal Name
050 HAM g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...