Detail Cantuman Kembali

XML

Pengetahuan tentang Terapi Hemodialisis pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Ruang Hemodialisa RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Penderita gagal ginjal yang menjalani hemodialisa harus mengetahui apa itu hemodialisa serta tujuan hemodialisa dalam menangani GGK. Oleh karena itu, seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan dan kemampuan intelektual akan dapat meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri seseorang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan tentang terapi hemodialisa pada pasien gagal ginjal kronik di ruang hemodialisa RSUD Kabupaten Indramayu tahun 2017.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden sesuai dengan kriteria inklusi yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar 59 (65,6%) responden mempunyai pengetahuan baik. Berdasarkan pengertian terapi HD sebanyak 71 (78,9%) responden memiliki pengetahuan baik, tujuan terapi HD sebanyak 76 (84,4%) responden memiliki pengetahuan baik, persiapan HD sebanyak 80 (88,9%) responden memiliki pengetahuan baik, waktu terapi HD sebanyak 80 (88,9%) responden memiliki pengetahuan baik, efek samping HD sebanyak 80 (88,9%) responden memiliki pengetahuan baik.
Sebanyak 59 (65,6) responden memiliki pengetahuan yang baik. Peran perawat dan keluarga diharapkan lebih aktif dalam memberikan penyuluhan kesehatan tentang terapi hemodialisa.
Iim Rusmiyanti
M. Saefulloh - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Iim Rusmiyanti - Personal Name
050 IIM p
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...