Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Penderita Hipertensi tentang Pengontrolan Tekanan Darah Di Wilayah Kerja Puskesmas Losarang Tahun 2017


Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg, tekanan darah yang tidak terkendali merupakan penyebab utama penyakit hipertensi. Pengetahuan penderita tentang penyakit hipertensi merupakan faktor penting dalam pengontrolan tekanan darah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling yaitu mengambil responden yang kebetulan ada disuatu tempat sesuai dengan konteks penelitian.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pengetahuan responden tentang pengontrolan tekanan darah di wilayah kerja Puskesmas Losarang didapatkan 27 (38,3%) responden memiliki pengetahuan baik, 33 (47,1%) responden memiliki pengetahuan cukup dan 10 (14,3%) responden memiliki kategori pengetahuan
kurang.
Simpulan penelitian ini diperoleh pengetahuan responden tentang pengontrolan tekanan darah di wilayah kerja Puskesmas Losarang dalam kategori pengetahuan cukup. Saran bagi pelayanan kesehatan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan informasi yang diberikan pada penderita hipertensi cara untuk mengontrol tekanan darah.
Iif Fauziah
Riyanto - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Iif Fauziah - Personal Name
050 IIF g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...