Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Kepala Keluarga tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Rumah Tangga Di Desa Gabuskulon Kecamatan Gabus Wetan Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Perilaku hidup bersih dan sehat di Rumah Tangga merupakan salah satu upaya strategis untuk menggerakkan dan memberdayakan keluarga atau anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat. Pemberdayaan keluarga atau anggota rumah tangga dalam melakukan Perilaku hidup bersih dan sehat dipengaruhi oleh perilaku seseorang yang didasari oleh suatu pengetahuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan kepala keluarga tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang tinggal di Desa Gabus Kulon Kecamatan Gabus Wetan Kabupaten Indramayu. Sampel penelitian ini menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah 97 responden. Alat pengumpulan data penelitian berupa kuesioner.
Hasil penelitian ini diperoleh kepala keluarga memiliki pengetahuan yang cukup tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga dari masing-masing subvariabel yaitu jenis kelamin didapatkan jenis kelamin laki-laki (53,8%) dengan pengetahuan cukup, dari jenis pekerjaan didapatkan pekerjaan wiraswasta (74,3%) dengan pengetahuan cukup, dari tingkat pendidikan didapatkan pendidikan SMA (80%) dengan pengetahuan cukup, dari tahap perkembangan keluarga didapatkan keluarga dengan kelahiran anak pertama (60%) dengan pengetahuan cukup, dari status ekonomi didapatkan status ekonomi diatas UMR (68,6%) dengan pengetahuan cukup, dari tipe keluarga didapatkan keluarga besar (64,7%) dengan pengetahuan cukup.
Simpulan dari penelitian ini didapatkan data (53,4 %) kepala keluarga memiliki pengetahuan yang cukup. Saran di penelitian ini diharapkan sebagai masukan kepada tim kesehatan untuk lebih terus memberikan penyuluhan supaya tingkat pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga lebih baik lagi.
Gita Lestari
Kamsari - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Gita Lestari - Personal Name
050 GIT g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...