Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pertumbuhan Anak Thalasemia Di Ruang Golek RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Gangguan pertumbuhan merupakan salah satu komplikasi pada anak thalasemia yang sebagian besar disebabkan oleh kelebihan zat besi. Pertumbuhan pada anak thalasemia awalnya cukup normal sampai umur 4-5 tahun. Namun sesudahnya pertumbuhan akan semakin terganggu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pertumbuhan anak thalasemia di ruang golek RSUD Kabupaten Indramayu.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif, populasi penelitian sebanyak 59 anak usia 6-18 tahun dan sampel sebanyak 44 anak sesuai dengan kriteria inklusi yang diambil dengan teknik Consecutive Sampling. Adapun alat ukur untuk mengukur pertumbuhan anak yaitu dengan kurva Z-score dan IMT serta kuesioner untuk mengukur kepatuhan transfusi dan konsumsi kelasi besi.
Berdasarkan penelitian diketahui sebanyak 65,9% anak thalasemia memiliki pertumbuhan yang tidak normal. Peneliti menyarankan kepada perawat ruang golek diharapkan adanya pemantauan tumbuh kembang anak thalasemia secara berkelanjutan dengan mengukur dan mencatat pertumbuhan anak.
Dwi Adnin Wahyuni
Wayunah - Personal Name
Titin Hidayatin - Personal Name
Dwi Adnin Wahyuni - Personal Name
050 WAH g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...