Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Interaksi Sosial Lansia Di Desa Simpar Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang Tahun 2017


Menurunnya derajat kesehatan dan kemampuan fisik akan mengakibatkan orang lanjut usia secara perlahan menarik diri dari hubungan dengan masyarakat sekitar. Hal ini dapat menyebabkan interaksi sosial menurun. Hasil study pendahuluan terhadap gangguan lansia di peroleh gambaran untuk lansia tidak dapat melakukan interaksi sosial. Tujuan umumnya mengetahui gambaran interaksi sosial lansia di Desa Simpar Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu lansia sebanyak 345 orang. Pengambilan sampel dengan tekhnik proportional sampling sebanyak 78 lansia. Analisis data menggunakan presentase. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 50 lansia (64,1%) kurang baik dalam interaksi sosial. Kenapa lansia di Desa Simpar kebanyakan kurang baik karena lansia nya kebanyakan sudah tua atau rentan, mempunyai riwayat penyakit tertentu dan di tinggal pasangannya meninggal.
Kesimpulan sebagaian besar lansia kurang baik adalah interaksi sosialnya.
Perlu disarankan adanya peningkatan kegiatan yang lebih seperti senam lansia,pengajian lansia atau mengikuti kegiatan masyarakat dengan cara menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan penurunan kekuatan dan penurunan kesehatan secara bertahap agar tidak terjadi penurunan interaksi sosail lansia.
Cucu Cunengsih
Kitri Hikmawati - Personal Name
Asmadi - Personal Name
Cucu Cunengsih - Personal Name
050 CUC g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...