Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pemberian Stimulasi Perkembangan oleh Ibu pada Anak Usia Pra Sekolah DI PAUD TK Padu Bunda Pertiwi Desa Rambatan Kulon Kec.Lohbener Indramayu Tahun 2017


Usia anak pra sekolah merupakan masa dimana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah stimulasi yang diberikan oleh orang tua (keluarga) terutama ibu. Pemberian stimulasi merupakan hal yang sangat penting untuk anak dalam mencapai pertumbuhan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian stimulasi perkembangan oleh ibu pada anak usia pra sekolah Di Paud TK Padu Bunda Pertiwi Di Desa Rambatan Kulon Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu Tahun 2017.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah ibu yang memiliki anak usia pra sekolah Di Paud TK Padu Bunda Pertiwi Desa Rambatan Kulon Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu. Sampel berjumlah 64 responden yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrument yang digunakan adalah lembar kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian stimulasi perkembangan anak 56.3% responden kategori kurang baik. Pemberian stimulasi perkembangan motorik kasar 50.0% responden kategori baik dan 50.0% kategori kurang baik.
Pemberian stimulasi perkembangan motorik halus 51.6% responden kategori kurang baik. Pemberian stimulasi perkembangan motorik bahasa dan bicara 53.1% responden kategori kurang baik. Pemberian stimulasi perkembangan sosial dan kemandirian 51.6% responden kategori kurang baik.
Simpulan penelitian ini, diketahui pemberian stimulasi perkembangan oleh ibu pada anak usia pra sekolah kurang baik. Saran dari hasil penelitian diharapkan kepada pelayan kesehatan untuk memberikan sosialisasi tentang stimulasi pada ibu yang mempunyai anak usia pra sekolah agar meningkatkan pemberian stimulasi perkembangan yang lebih optimal.
Oon Onisah
Riyanto - Personal Name
Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Oon Onisah - Personal Name
050 OON g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...