Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pemberian Informasi Kesehatan dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Baru Hospitalisasi Di Ruang Bedah 1 dan 2 RSUD Indramayu Tahun 2017


Hospitalisasi merupakan pengalaman yang mengancam bagi setiap orang sehingga pasien sering mengalami kecemasan. Untuk mencegah dampak hospitalisasi, maka perawat hendaknya memberikan dukungan (support) agar klien tidak merasa takut akan tindakan yang akan dilakukan oleh professional kesehatan Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan pemberian pendidikan kesehatan dengan tingkat kecemasan pada pasien baru hospitalisasi di RSUD Indramayu.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien baru di Ruang Bedah di RSUD Indramayu dengan jumlah sampel 185 pasien. Variabel Independen penelitian ini adalah Pendidikan kesehatan dan variabel Dependen Tingkat kecemasan. Data dikumpulkan menggunakan lembar kuesioner.
Hasil uji chi square didapatkan p value = 0.000 (< 0,05), artinya ada hubungan yang signifikan antara pemberian pendidikan kesehatan dengan tingkat kecemasan di Ruang Bedah 1 dan 2 RSUD Indramayu tahun 2017.
Disarankan agar perawat lebih meningkatkan pemberian pendidikan kesehatan kepada pasien, khususnya unntuk pasien baru sehingga dapat mengurangi tingkat kecemasan yand dirasakan pasien .

Widiyanti
Bambang Eryanto - Personal Name
Asmadi - Personal Name
Widiyanti - Personal Name
050 WID h
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...