Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Perawat tentang Hospitalisasi pada Anak Usia Pra Sekolah (4-6 Tahun) Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Hospitalisasi menimbulkan krisis dan kecemasan tersendiri bagi anak dan keluarganya. Prinsip pendekatan Asuhan Keperawatan pada pasien anak adalah pemenuhna kebutuhan fisik dengan mencegah terjadinya; yaitu melalui psikis (memfasilitasi koping yang konstruktif) dukungan keluarga dalam mencipatakan lingkungan perawatan yang konstruktif dengan mengadakan rooming in, dan membantu pendekatan pasien dengan ibu (fisik dan spiritual). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan perawat tentang hospitalisasi pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di RSUD Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perawat yang ada di Ruang Golek, Kidang Emas, dan Kidang Kencana RSUD Kabupaten Indramayu sebanyak 47 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase untuk menentukan kategori pengetahuan perawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang dampak hospitalisasi 27 responden (57,4%) termasuk kategori baik; pengetahuan tentang reaksi terhadap hospitalisasi 27 responden (57,4%) termasuk kategori baik, dan pengetahuan tentang peran perawat dalam pencegahan dampak hospitalisasi 18responden (42,6%) termasuk kategori cukup.
Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang hospitalisasi 23 responden (48,9%) termasuk kategori baik.
Saran : diharapkan bagi perawat RSUD Kabupaten Indramayu yang memiliki pengetahuan baik tentang hospitalisasi agar mempertahankan pengetahuannya sedangkan bagi perawat yang memiliki pengetahuan kurang tentang hospitalisasi agar selalu berusaha meningkatkan pengetahuannya dengan belajar pada teman sejawat dan rajin membaca buku ataupun informasi baik melalui internet, poster yang ada kaitannya dengan hospitalisasi.
Rizky Nurul Fauziah
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Rizky Nurul Fauziah - Personal Name
050 FAU g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...