Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Karakteristik Individu dengan Konsep Diri Pasien Diabetes Melllitus Di Ruang Rawat Inap RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Pada pasien diabetes mellitus yang lanjut akan menimbulkan berbagai dampak secara fisik, sosial, psikologis dan ekonomi sehingga akan mempengaruhi konsep diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik individu dengan konsep diri pada pasien diabetes mellitus di ruang rawat inap RSUD Kabupaten Indramayu.
Jenis penelitian yang digunakan survei/observasional dengan metode analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Pengambilan sampel dengan accidental sampling dan sesuai dengan kriteria inklusi yang sudah ditetapkan, besar sampel sebanyak 49 responden. Analisa data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariate dengan menggunakan uji chi square.
Berdasarkan analisis bivariat dengan uji chi square di dapat nilai p-value yaitu usia (0,003), pendidikan (0,886), pekerjaan (0,338), status perkawinan (0,00), pengetahuan DM (0,026), dimana bila nilai p-value lebih kecil dari α (0,05) maka ada hubungan terhadap konsep diri. Sehingga yang mempunyai hubungan dengan konsep diri diantaranya variabel usia, status perkawinan dan pengetahuan DM.
Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa konsep diri pada pasien diabetes mellitus dipengaruhi oleh usia, status perkawinan, dan pengetahuan DM. Hal ini merupakan masukan bagi petugas kesehatan untuk lebih meningkatkan pelayanan tidak hanya secara fisik namun memperhatikan kesehatan psikologisnya.

Prima Sita Octavina
M. Saefulloh - Personal Name
Kamsari - Personal Name
Prima Sita Octavina - Personal Name
050 OCT h
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...