Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Primigravida tentang Laktasi Di Poli Kandungan RSUD Indramayu


Laktasi adalah bagian terpadu dari proses reproduksi yang memberikan makanan bayi secara ideal dan alamiah serta merupakan dasar biologik dan psikologik yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Air susu ibu (ASI) merupakan makanan yang ideal bagi pertumbuhan neonates. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil primigravida tentang laktasi di Poli Kandungan RSUD Indramayu.
Penelitian ini menggunakan deskriptif dan populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil primigravida yang melakukan pemeriksaan antenatal di Poli Kandungan RSUD Indramayu, sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil primigravida tentang komposisi ASI sebanyak 25 (73,5%) responden terbanyak dalam kategori kurang, manfaat pemberian ASI sebanyak 27 (79,4%) responden terbanyak dalam kategori baik, upaya memperbanyak ASI sebanyak 24 (70,6%) responden terbanyak dalam kategori cukup, cara menyusui yang benar sebanyak 23 (67,6%) responden terbanyak dalam kategori baik, dan tatalaksana menyusui yang benar terbanyak memiliki pengetahuan kurang sebanyak 20 (58,8%) responden.
Simpulan dari hasil penelitian bahwa gambaran pengetahuan ibu hamil primigravida tentang laktasi secara keseluruhan memiliki pengetahuan yang cukup yaitu sebanyak 23 (67,6%) responden. Disarankan pada tenaga kesehatan untuk meningkatkan penyuluhan kesehatan tentang laktasi dengan harapan ibu hamil primigravida dapat memahami dan memiliki pengetahuan baik tentang laktasi.
Mar'atus Sholichah
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Mar’atus Sholichah - Personal Name
050 MAR g
050
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...