Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Tindakan Keperawatan Dalam Mengatasi PONV pada Pasien Post Operasi Di RSUD Indramayu Tahun 2017


Setiap tindakan anestesi mempunyai komplikasi salah satunya adalah post operative nausea and vomiting (PONV). Hasil studi pendahuluan dari 13 pasien post operasi sebanyak 4 mengalami PONV. Atas dasar itu, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tindakan keperawatan dalam mengatasi PONV pasien post operasi di RSUD Indramayu.
Desain yang digunakan adalah analisis deskriptif Populasinya adalah pada pasien post operasi yang mengalami PONV. Tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 30 responden.Metode analisa data yang digunakan adalah persentasi.
Hasil penelitian sebanyak 26,66 % dilakukan secara komprehensif dalam mengatasi PONV, Hasil tiap jenis tindakan diperoleh terapi akupuntur 100% tidak dilakukan perawat, terapi mobilisasi dilakukan perawat sebanyak 83%,16,7% perawat melakukan terapi relaksasi, Distraksi hanya 6,7% perawat yang melakukannya dan 100% perawat melakukan terapi medis dalam mengatasi PONV.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah seluruh perawat tidak mengatasi PONV secara komprehensif,Untuk itu disarankan untuk dilakukan pelatihan bagi perawat tentang cara menangani PONV dengan terapi non medis seperti akupuntur, komplementer, relaksasi dan distraksi dan memberikan kebijakan kepada perawat untuk memberikan terapi non medis, perlu peningkatan kesadaran perawat utuk kompetensi dirinya, baik dilakukan oleh pribadi maupun institusi.
Kurniati
Asmadi - Personal Name
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Kurniati - Personal Name
050 KUR g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...