Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Persepsi Perawat dengan Pelaksanaan Komunitas Terapeutik di Ruang Dalam (Cengkir) RSUD Indramayu Tahun 2016


Komunikasi terapeutik seharusnya dilakukan seorang perawat sebelum pemberian asuhan keperawatan. Kenyataannya masih ada perawat yang tidak melakukan komunikasi terapeutik kepada pasien sebelum memberikan asuhan keperawatan, yang berujung pada pertanyaan mengenai persepsi atau pandangan perawat terhadap komunikasi terapeutik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi perawat dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik di ruang dalam salah satu Rumah Sakit di Kabupaten Indramayu.
Rancangan penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner baik pada variabel persepsi maupun variabel pelaksanaan komunikasi terapeutik. Teknik pengambilan sampel menggunakan total populasi, sebanyak 31 perawat.
2
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden memiliki persepsi positif terhadap komunikasi terapeutik (58,1%) dan pelaksanaan komunikasi terapeutik baik (64,5%). Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan chi square didapatkan nilai p value = 0,291 (α = 0,05), bermakna tidak ada hubungan antara persepsi perawat dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik di ruang dalam salah satu Rumah Sakit di Kabupaten Indramayu.
Atas dasar penelitian tersebut peneliti memberikan saran kepada manajer keperawatan untuk dapat memperhatikan para perawat dalam hal peningkatan persepsi perawat dengan pelaksanaan komunikasi terapeutiknya, terutama komunikasi terapeutik perawat terhadap pasien.
Ade Sunandar Budi Santoso
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Hj. Winani - Personal Name
Ade Sunandar Budi Santoso - Personal Name
050 SAN h
050
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2016
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...