Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor penyebab kasus Drop Out pengobatan pada pasien TB Paru di wilayah Kerja Puskesmas Pondoh Kabuapten Indramayu Tahun 2015


Saat ini Indonesia merupakan negara kelima dengan beban terbsesar TB dunia setelah India, Cina, Afrika Selatan dan Nigeria. Berdasarkan hasil studi pendahuluan jumlah penderita Tuberkulosis paru yang drop out di Puskesmas Pondoh sebesar 35 kasus, dari jumlah 59 kasus pada tahun 2014. Hal ini menunjukkan bahwa kasus default di Puskesmas Pondoh masih tinggi yaitu di atas 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kasus drop out penderita TB Paru di wilayah kerja Puskesmas Pondoh Kabupaten Indramayu tahun 2015.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini seluruh penderita TB Paru yang drop out sebanyak 35 responden yang diambil secara total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus cut off point dan rumus persentase.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa faktor predisposisi pada kasus drop out pasien TB Paru, yaitu sebanyak (88,6%) berumur dewasa muda, sebanyak (74,3%) adalah laki-laki, sebanyak (68,6%) berpendidikan dasar, sebanyak (57,1%) tidak bekerja, sebanyak (71,4%) berpengetahuan kurang, sebanyak (74,3%) adanya efek samping; faktor pemungkin yaitu sebanyak (62,9%) faktor pelayanan kesehatan kurang baik; dan faktor penguat yaitu sebanyak (60%) pengawas minum obat kurang baik.
Simpulan dari hasil penelitian bahwa faktor umur, jenis kelamin, pendidikan, keturunan, pekerjaan, pengetahuan, PMO, efek samping obat, dan pelayanan kesehatan sebagai penyebab drop out pada pasien TB Paru di wilayah kerja Puskesmas Pondoh Kabuapaten Indramayu. Saran dari hasil penelitian meningkatkan promosi kesehatan kepada masyarakat mengenai TB Paru agar lebih awas dan lebih banyak menggunakan sarana puskesmas lebih dini.
Eka Purwaningsih
Kamsari - Personal Name
Asmadi - Personal Name
Eka Purwaningsih - Personal Name
610.5 PUR f
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...