Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor yang berhubungan dengan Status Ketidakaktifan Peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Mandiri di Kabupaten Indramayu Tahun 2016


Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah. Salah satu yang melatarbelakangi pembuatan undang-undang SJSN adalah agar masyarakat memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan kesehatan dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan status ketidakaktifan peserta BPJS mandiri di Kabupaten Indramayu.
Metode penelitian menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 peserta BPJS mandiri dengan sampel sebanyak 50 orang yang berada di Kabupaten Indramayu. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode acak sederhana. Uji hubungan antara variabel bebas (tingkat pendidikan, pengetahuan, harga atau premi asuransi, sosial ekonomi, pekerjaan, jenis kelamin, penilaian individu tentang probabilitas sakit, perilaku terhadap risiko dan besarnya kerugian finansial) dengan variabel terikat (status ketidakaktifan peserta BPJS mandiri) dilakukan dengan Uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara sosial ekonomi, pekerjaan dan jenis kelamin dengan status ketidakaktifan peserta BPJS mandiri dan menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan, pengetahuan, penilaian individu tentang probabilitas sakit, perilaku terhadap risiko dan besar kerugian finansial dengan status ketidakaktifan peserta BPJS mandiri.
Dalam upaya meminimalkan status ketidakaktifan peserta BPJS mandiri maka BPJS diharapkan dapat melakukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat dan menjelaskan atau menginformasikan pembaharuan peraturan BPJS.
Dewi Kesumawati
Heri Sugiarto - Personal Name
Dewi Kesumawati - Personal Name
Wahyudin - Personal Name
050 DEW f
050
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2016
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...