Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kinerja Kader Jumantik dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Eks Kawedanan Indramayu Tahun 2016


Kinerja merupakan hasil pekerjaan yang mempunyai hubungan kuat dengan tujuan strategis organisasi, kepuasan konsumen, dan memberikan kontribusi pada ekonomi, dengan demikian kinerja adalah tentang melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut, dan evaluasi kinerja juga dilakukan terhadap hasil kerja individual dalam organisasi dan keberhasilan kinerja individu sangat berpengaruh terhadap hasil kerja organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengetahuan, masa kerja, imbalan atau intensif, alat atau sarana, motivasi kader jumantik dengan kinerja kader jumantik dalam pencegahan DBD.
Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total populasi berjumlah 59 kader jumantik yang berada di Wilayah Eks Kawedanan Indramayu. Uji hubungan antara variabel bebas (umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengetahuan, masa kerja, imbalan atau insentif, alat atau sarana, dan motivasi kader jumantik) dengan variabel terikat (kinerja kader jumantik dalam pencegahan DBD) dilakukan dengan Uji Chi-Square.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan, imbalan atau insentif, pengetahuan, masa kerja, alat atau sarana dengan kinerja kader jumantik dalam pencegahan DBD dan tidak ada hubungan yang bermakna antara umur, jenis kelamin, motivasi dengan kinerja kader jumantik.
Simpulan dalam penelitian ini faktor yang berhubungan dengan kinerja kader jumantik yaitu tingkat pendidikan, pengetahuan, masa kerja, imbalan atau intensif, dan alat atau sarana,dan faktor yang tidak berhubungan yaitu umur, jenis kelamin, dan motivasi, dalam meningkatkan kinerja diharapkan melakukan kegiatan monitoring evaluasi dengan cara berkesinambungan, pembuatan surat keputusan pembentukan kader jumantik dan adanya pelatihan bagi kader jumantik.
Irene Ade Soraya
Irene Ade Soraya - Personal Name
Muhamad Fauzi - Personal Name
Retno Susanto - Personal Name
050 SOR f
050
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2016
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...