Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan dukungan Keluarga terhadap Kepatuhan Diet Diabetes Militus pada Penderita Diabetes Militus di poli Dalam RSUD Indramayu


Diabetes melitus merupakan gangguan metabolik yang dikarakteristikan dengan hiperglikemik bersama gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein yang disebabkan oleh defek sereksi insulin dan aksi insulin. Tujuan penelitian mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pasien Diabetes Mellitus di poli dalam RSUD Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional Sampelnya 108 orang diambil dengan teknik accidental sampling. Untuk pengambilan data menggunakan kuisioner.
Hasil penilitan menunjukan hasil sebanyak 60 responden (55,6%) termasuk kriteria mendukung, dan 44 responden (40,7%) termasuk kriteria tidak patuh hasil uji statistik chi square diperoleh p value 0,006 < (0,05). Artinya hasil penelitian terbukti bahwa dukungan keluarga dapat mempengaruhi kepatuhan diet pasien diabetes melitus di ruang Poli dalam RSUD Indramayu.
Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet DM pada penderita diabetes melitus. Saran untuk perawat perlu ditingkatkan keaktifan dalam melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan kepatuhan pasien dalam menjalani diet DM dengan memberikan informasi atau penkes melalui media menarik.
Rido Islami
Rido Islami - Personal Name
Riyanto - Personal Name
Eka Juwita H - Personal Name
610.5 RID h
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...