Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran karakteristik penderita Hipertensi pada Lansia di Desa Lamarantarung wilayah kerja Puskesmas Cantigi Kabupaten Indramayu Tahun 2015


Jumlah penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Cantigi selama tiga tahun berturut-turut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014jumlah total penderita hipertensi pada lansia di Desa Lamarantarung sebanyak 136 orang dari semua golongan umur dari total penduduk lansia di Desa Lamaratarung 330 orang.Dari data tersebut,wanita mempunyai prevalensi lebih tinggi dari pada pria (wanita 64,40% dan Pria 35,59%). Belum diketahuinya gambaran karakteristik lansia dengan hipertensi di Desa Lamarantarung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik penderita hipertensi pada lansia di Desa Lamarantarung Wilayah Kerja Puskesmas Cantigi Kabupaten Indramayu tahun 2015 Jenis penelitian dalam hal ini adalah penelitian deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah penderita hipertensi di Desa Lamarantarung pada Februari 2015 sebanyak 60 orang sehingga jumlah sampel sebanyak 60 responden yang diambil secara total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian didapatkan bahwa karakteristik penderita hipertensi pada lansia di Desa Lamarangtarung wilayah kerja Puskesmas Cantigi Kabupaten Indramayu, rata-rata berumur 60,36 tahun; sebagian besar (70%) adalah perempuan; sebanyak (53,3%) termasuk kategori obesitas; sebagian besar (70%) bukan perokok karena mayoritas penderita berjenis kelamin perempuan, rata-rata penderita sering mengkonsumsi makanan tinggi garam dan sebagian besar (88,3%) termasuk kategori tidak melakukan olahraga
Saran dari hasil penelitian diharapkan peran perawat dalam upaya memandirikan kemampuan keluarga dan lansia dalam perawatan hipertensi di rumah.Kemandirian lansia dan keluarga dapat diwujudkan bila kemampuan melakukan perawatan dan keterampilan perawatan di rumah harus ditingkatkan. Peningkatan keterampilan perawatan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan yang berkesinambungan dan terprogram terkait dengan perawatan dan pengobatan hipertensi.
Toriah
Toriah - Personal Name
Kamsari - Personal Name
Asmadi - Personal Name
610.5 TOR g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...