Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Kebisingan terhadap Stress akibat kerja pada Pekerja Penggilingan padi / Huller di Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu Tahun 2015


Beberapa penelitian di Indonesia menyebutkan bahwa Intensitas kebisingan di tempat penggilingan padi melebihi Nilai Ambang Batas yang dapat menimbulkan stress Akibat kerja pada responden sehingga dapat berpengaruh baik pada individu itu sendiri seperti reaksi emosi, perubahan kebiasaan dan fisiologis juga berpengaruh terhadap organisasi atau tempat kerja seperti tingginya angka tidak masuk kerja, turnover, hubungan kerja jadi tegang dan rendahnya kualitas kerja.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebisingan terhadap stress akibat kerja pada pekerja penggilingan padi di Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode study analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja di tempat penggilingan padi di Kecamatan Sindang sejumlah 54 orang, dengan sampel yaitu pekerja tetap di tempat penggilingan padi sejumlah 28 orang. Adapun variabel dependen yaitu stress akibat kerja sedangkan independen yaitu tingkat kebisingan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 71.4% tingkat kebisingan termasuk dalam kategori bising, tingkat stress akibat kerja sebanyak 57.9% responden termasuk dalam kategori stress sedang. Setelah dilakukan uji regresi linier sederhana diperoleh p value 0,000 < α (0,05) yang artinya ada hubungan yang signifikan antara Kebisingan dengan stress akibat kerja (p=0,000), didapat pula korelasi antara Intensitas kebisingan dengan stress akibat kerja menunjukkan hubungan kuat (r=0,753), Nilai koefisien dengan determinasi 0,567. Artinya persamaan garis regresi yang kita peroleh dapat menerangkan 56,7% stress akibat kerja atau persamaan garis yang diperoleh cukup baik untuk menjelaskan variabel Stress akibat kerja.
Disarankan agar pemilik tempat penggilingan padi tidak menggunakan mesin-mesin yang menimbulkan suara bising, apabila tidak bisa dihindari sebaiknya pekerja menggunakan ear plug/ear muff

Siti Kusmiyati
Siti Kusmiyati - Personal Name
Rudiansyah - Personal Name
Depi Yulyanti - Personal Name
050 SIT p
050
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...