Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan antara penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) oleh pekerja Bengkel mesin bubut dengan kejadian kecelakaan kerja di Wilayah Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu Tahun 2015


Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dapat memberikan perlindungan tenaga kerja dari kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Kecelakaan kerja juga dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan. Jumlah kecelakaan kerja di Kabupaten Indramayu pada tahun 2012 terdapat 85 kasus, sedangkan pada tahun 2013 kasus kecelakaan kerja mencapai 67 kasus, sedangkan pada tahun 2014 kasus kecelakaan kerja mencapai 41 kasus, dimana kasus tersebut mencakup seluruh kecelakaan kerja baik sektor industri maupun non industri. Perlindungan yang efektif terhadap tenaga kerja dari kecelakaan kerja yaitu melalui beberapa cara salah satunya adalah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara penggunaan alat pelindung diri (APD) oleh pekerja bengkel mesin bubut dengan kejadian kecelakaan kerja diwilayah Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu tahun 2015.
Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan desain penelitian ini menggunakan analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja bengkel bubut diwilayah Kecamatan Jatibarang sebanyak 60 orang dari 7 industri pembubut.
Berdasarkan uji statistik Chi Square diperoleh p-value (0,000) < α (0,1) yang artinya ada hubungan antara penggunaan APD oleh pekerja Bengkel Bubut dengan kejadian kecelakaan kerja di Wilayah Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu.
Saran bagi pekerja yaitu selalu mengikuti SOP (standard operational procedure) dan selalu menggunakan APD saat bekerja. Sedangkan saran bagi Pemilik Home Industry Bengkel Bubut yaitu selalu menyediakan APD untuk pekerja sesuai dengan pekerjaannya.

Ade Riyanto
Ade Riyanto - Personal Name
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Retno Susanto - Personal Name
610.5 RIY h
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...