Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor yang berhubungan dengan Keluhan Gangguan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) pada Pekerja di Bagian Tanaman PT. PG Rajawali II unit Jatitujuh Majalengka Tahun 2015


Hasil wawancara langsung dengan petugas kesehatan PT. PG Rajawali II bahwa kelompok yang paling beresiko terkena ISPA adalah kelompok pekerja pada bagian tanaman. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi lingkungan, ketersediaan dan efektivitas pelayanan kesehatan, faktor dari pekerja itu sendiri, serta kaitannya dengan APD. Berdasarkan data penderita ISPA di PT. PG Rajawali II Unit PG Jatitujuh Majalengka Tahun 2014, sebesar 4.204 kasus atau 351 kasus per bulan yang menderita ISPA. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan keluhan gangguan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) pada pekerja di bagian tanaman PT. PG Rajawali II Unit PG Jatitujuh Majalengka tahun 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 965 pekerja. Sedangkan besar sampel dalam penelitian ini 91 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu quota accidental sampling. Uji hubungan antara variabel bebas (umur, kebiasaan merokok, status gizi, persepsi akses jarak ke pelayanan kesehatan, kepadatan keluarga dan penggunaan APD masker) dengan variabel terikat (keluhan gangguan ISPA) dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara umur, kebiasaan merokok, status gizi, persepsi akses jarak ke pelayanan kesehatan, dan kepadatan keluarga dengan keluhan gangguan ISPA, serta ada hubungan yang bermakna antara penggunaan APD masker dengan keluhan gangguan ISPA.
Saran dalam penelitian ini perlunya menyediakan dan atau membagikan APD masker secara rutin pada pekerja tanaman minimal 1 minggu sekali (melalui mandor) guna meminimalisir terjadinya gangguan ISPA pada pekerja yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja.

Ayu Puspaningsih
Ayu Puspaningsih - Personal Name
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Rudiansyah - Personal Name
050 PUS f
050
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...