Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan antara persepsi pasien tentang Mutu Pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di Ruang Rawat Inap RSUD Indramayu Kabupaten Indramayu Tahun 2015


Pada awal tahun 2014, Indonesia melaksanakan program jaminan sosial oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Berdasarkan data dari RSUD Indramayu pada tahun 2014 mengalami peningkatan jumlah pasien sebanyak 25.054 dengan jumlah pasien BPJS sebanyak 10.761 orang. Peneliti akan fokus pada pelayanan rawat inap pasien peserta BPJS. Hal ini dikarenakan selama ini belum pernah ada yang melakukan penelitian tentang kepuasan pasien peserta BPJS di RSUD Indramayu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di Ruang Rawat Inap RSUD Indramayu Kabupaten Indramayu tahun 2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi analitik dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah kunjungan pasien peserta BPJS di ruang rawat inap RSUD Indramayu tahun 2014 berjumlah10.761 orang. Jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pasien. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner. Metode yang digunakan adalah metode analisis univariat dan bivariat.
Berdasarkan uji statistik Chi Square diperoleh hasil yang menunjukkan adanya hubungan antara persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di Ruang Rawat Inap RSUD Indramayu. Namun dari analisa terhadap variabel daya tanggap (Responsiveness) tidak terdapat hubungan dengan p-value 0,176, pada variabel keandalan (Reliability), kepastian (Assurance), berwujud (Tangible) dan empati (Emphaty) hasil analisa menunjukkan adanya hubungan dengan kepuasan pasien peserta BPJS dengan p-value 0,0001.
Diharapkan RSUD Indramayu terus meningkatkan mutu pelayanan terutama yang berkaitan dengan 5 dimensi mutu pelayanan kesehatan yaitu meliputi dimensi keandalan (Reliability), kepastian (Assurance), berwujud (Tangible), empati (Emphaty) dan daya tanggap (Responsiveness).
Tri Asih Rahayu
Tri Asih Rahayu - Personal Name
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Rudiansyah - Personal Name
610.5 RAH h
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...