Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil tentang Penyebab Infeksi Menular Seksual (IMS) di Puskesmas Margadadi Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, popular disebut dengan penyakit kelamin, semua teknik hubungan seks lewat vagina, dubur atau mulut dapat menjadi wahana penularan penyakit kelamin. Perempuan lebih beresiko tertular, karena bentuk alat reproduksinya lebih rentan terhadap penularan IMS. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan kabupaten Indramayu tahun 2012 bahwa kejadian IMS yaitu sekitar 3.299 kasus dan di Puskesmas Margadadi tahun 2013 terdapat kejadian IMS sekitar 4 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang penyebab IMS di Puskesmas Margadadi Tahun 2014. Penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan evaluasi dalam penanganan dan penatalaksanaan IMS.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya seluruh ibu hamil yang melakukan pemeriksaan IMS di Puskesmas Margadadi Kabupaten Indramayu tahun 2014 berjumlah 57 orang dengan sampel penelitian total populasi. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan ibu hamil tentang pengertian IMS, penyebab IMS, faktor-faktor penyebab IMS dan faktor-faktor yang tidak menyebabkan IMS. Instrumen penelitian menggunakan daftar isian dengan memberi tanda checklist (√). Analisa data dengan menggunakan presentasi dan disajikan dalam bentuk frekuensi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 28 orang pengetahuan ibu hamil tentang pengertian IMS termasuk kategori baik persentase tertinggi (49,1%), sebanyak 30 orang pengetahuan ibu hamil tentang penyebab IMS termasuk kategori cukup persentase tertinggi (52,6%), sebanyak 25 orang pengetahuan ibu hamil tentang faktor-faktor penyebab IMS termasuk kategori cukup persentase tertinggi (43,8%), sebanyak 26 orang pengetahuan ibu hamil tentang faktor-faktor yang tidak menyebabkan IMS termasuk kategori kurang persentase tertinggi (45,6%).
Kesimpulan dari hasil penelitian ini didapat bahwa pengetahuan ibu hamil tentang pengertian IMS yaitu baik, pengetahuan ibu hamil tentang penyebab IMS yaitu cukup, pengetahuan ibu hamil tentang faktor-faktor penyebab IMS yaitu cukup dan pengetahuan ibu hamil tentang faktor-faktor yang tidak menyebabkan IMS yaitu kurang. Disarankan kepada tenaga kesehatan terutama Bidan untuk menindak lanjuti permasalahan tentang IMS sebagai asuhan data dasar untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil terhadap IMS.

Gallyh Dhaimes Pramesti
Muhamad Fauzi - Personal Name
Mira Aryanti - Personal Name
Gallyh Dhaimes Pramesti - Personal Name
610.5 PRA g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...