Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan Menarche Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Menarche Pada Remaja Putri Di SD Negeri Unggulan Indramayu


Menarche merupakan pertama kali menstruasi yang dialami pada setiap wanita saat masa pubertas.Remaja putri yang mengalami menstruasi pertama kali akan mengalami rasa takut dan cemas mengenai keadaan yang dialaminya.Kecemasan menghadapi menarchejuga merupakan keadaan suasana perasaan yang ditandai keadaan fisik, kekhawatiran dan anggapan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi saat menarche. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan menarche dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi menarche pada remaja putri di SD Negeri Unggulan Indramayu.
Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah 51 responden. Teknik sampling yang digunakan total sampling dengan jumlah sampel 51 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data analisis menggunakan Chi Square.
Hasil penelitian menunjukan sebagian besar remaja putri didapatkan berpengetahuan baik sebanyak 32 (62,7%), sebanyak 42 (82,4 %) remaja putri mengalami tingkat kecemasan tidak cemas. Hasil analisa lanjut dengan p value = 0,879 (a = 0,05).
Kesimpulan pada penelitian ini bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan menarche dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi menarche pada remaja putri di SD Negeri Unggulan Indramayu. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu mencari faktor-faktor pemicu lain yang menyebabkan kecemasan.

Riyanto - Personal Name
Bambang Eryanto - Personal Name
Khusnul Khotimah - Personal Name
610.5 KHO h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2023
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...