Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Self Care Pada Lansia Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang


Lansia penderita diabetes mellitus tipe 2 sering terjadi masalah penurunan kemampuan untuk melakukan self care. Kurangnya dukungan dari kelurga dapat mengakibatkan komplikasi pada lansia penderita diabetes mellitus tipe 2. Dengan adanya dukungan keluarga maka self care pada lansia penderita diabetes mellitus tipe 2 bisa menjadi lebih baik, lansia penderita diabetes mellitus tipe 2 juga dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan self are pada lansia penderita diabetes mellitus tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang.
Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross setional. Populasi pada penelitian ini yaitu lansia penderita diabetes mellitus tipe 2 yang berjumlah 119 responden. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling sebanyak 92 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa 30 responden (61,2%)mimilikidukungankeluargadengankategoribaik, dansebanyak 22 responden (53,7%) memilikiself careyang kurang. Hasiluji statistic didapatkanhasilp-value =0,326 (p-value>0,05).
Dapat disimpulkan dari penelitian ini tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan self care pada lansia penderita diabetes mellitus tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang. Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk mengkaji lebih lanjut penyebab kurangnya melakukan self care pada lansia penderita diabetes mellitus.

Kamsari - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Estefaniah Apriyanti - Personal Name
610.5 APR h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2023
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...