Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Di SMPN 1 Gabuswetan Kabupaten Indramayu


Aktivitas penggunaan media sosial dapat berasal dari segala usia dan sebagian besar yang sangat aktif menggunakan media sosial adalah kalangan remaja. media sosial memberikan dampak negatif pada remaja, salah satunya adalah kecanduan. Penggunaan media sosial secara berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan psikologis, fisik dan sosial.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kecanduan media sosial pada remaja di SMPN 1 Gabuswetan Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa/i kelas VII dan VIII yang berjumlah 628 responden, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling sebanyak 253 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebanyak 124 responden (49,0%) mengalami kecanduan media sosial tingkat tinggi. Adapun berdasarkan aspek virtual tolerance sebanyak 151 (59,7%) mengalami tingkat kecanduan tinggi, virtual communication sebanyak 144 (56,9%) mengalami tingkat kecanduan tinggi, Virtual problem sebanyak 139 (54,9%) mengalami tingkat kecanduan tinggi, danvirtual information sebanyak 132 (52,2%) mengalami tingkat kecanduan tinggi.
Simpulan dari penelitian ini sebanyak 49,0% memiliki tingkat kecanduan tinggi. Disarankan untuk pihak sekolah dapat bekerja sama dengan pelayanan kesehatan seperti puskesmas terkait pencegahan pada kecanduan media sosial dengan memberikan pendidikan kesehatan mengenai penggunaan media sosial yang baik dan dampak negatif kecanduan media sosial.

Titin Hidayatin - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Cantika - Personal Name
610.5 CAN g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2023
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...